Deskripsi Singkat

Wilayah adminsitratif Kawasan perkotaan Sarbagitan terdiri dari seluruh Kota Denpasar, Sebagian kabupaten Badung, Sebagian Kabupaten Gianyar dan sebagaian kabupaten Tabanan.

Tujuan KSN

Tri Hita Karana

"Mewujudkan Perkotaan yang aman, nyaman, produktif, berdaya saing, dan berkelanjutan, sebagai kegiatan ekonomi nasional berbasis Pariwisata bertaraf Internasional, yang berjati diri budaya Bali berlandaskan Tri Hita Karana"

Lingkup Wilayah

Peta Administrasi Sarbagita

Kawasan Metropolitan, dengan Kota Denpasar dan Kuta sebagai Perkotaan Inti. Lingkupnya mencakup 1 (satu) kota, dan 3 (tiga) kabupaten, dengan 15 adminisrasi kecamatan.

  1. Pemerintah Kota Denpasar (12.778 Ha)
  2. Pemerintah Kabupaten Badung (41.852 Ha)
  3. Pemerintah Kabupaten Gianyar (36.800 Ha)
  4. Pemerintah Kabupaten Tabanan (83.933 Ha)

Profil KSN

Bali dikenal sebagai Destinasi Pariwisata bertaraf Internasional, gambaran tentang Bali adalah gambaran tentang Pariwisata Bali dengan Kebudayaan Bali yang sangat khas, dimana Jati diri budaya Bali berlandaskan Tri Hita Karana. Bali sudah lama masuk dalam destinasi wisata dunia, menjadi desitinasi favorit dunia dan terus mempertahankan citra, daya saing dan nilai jualnya tidak mudah, karena setiap tahun bertambah destinasi baru, baik diluar maupun di dalam negeri. Utamanya apabila destinasi tersebut di luar negeri, apabila di dalam negeri dan dapat dikembangkan untuk konektivitas destinasi bali masih dalam kategori baik. Dari berbagai hasil survey yang sudah dipublikasikan, memang bali masih menempati urutan hingga 4-25 destinasi favorit dunia. Di tahun 2016 berdasarkan rilis US News & World Report yang di publikasikan ulang oleh CNN Indonesia, Bali masuk dalam urutan 22 dari 250 destinasi wisata dunia, sedangkan dari versi Google untuk wisata yang paling banyaj dicari pada tahun 2017 yang doublikasi cnnindonesia Bali masuk urutan ke-8, setelah Las Vegas, Barcelona, Myrtle Beach, Aspen, Punta Cana, Maldive, Turks and Caicos, kemudian Bali, diikuti Cancung dan Bemuda.


 

Isu Strategis

Isu Strategis Pembangunan Berkelanjutan di Kawasan Perkotaan Denpasar, Badung, Gianyar dan Tabanan, meliputi :

  • Isu Transportasi Berkelanjutan.
  • Isu Lingkungan Berkelanjutan.
  • Isu Kelembagaan dan Pengelolaan.

Sarana Prasarana

Sistem jaringan prasarana Kawasan Perkotaan Sarbagita meliputi:

  1. sistem jaringan transportasi,
  2. energi, telekomunikasi,
  3. sumber daya air, dan
  4. prasarana perkotaan.

 

  • TPA Suwung
  • IPAL Sarbagita
  • Terminal Tipe A Mengwi
  • Ipa Penet
  • GWK

Sinkronisasi PR

Upaya sinkronisasi penyelenggaraan penataan ruang, di Kawasan Sarbagita memerlukan persamaan konsepsi hingga instrumen rencana dan pengendalian yang sama pada masing-masing pemerintah kabupaten dan kota, yaitu dengan disusunnya Rencana Detail Tata Ruang & Peraturan Zonasi, yang diprioritaskan dan pada Kawasan-Kawasan Strategis yang terdapat di dalam amanah RTRW Kabupaten/ Kota.Pengendalian pemanfaatan ruang sebagai bagian dari penyelenggaraan penataan ruang, membutuhkan peningkatan kinerja terhadap pelayanan publik atas permintaan izin pemanfaatan ruang untuk berbagai kegiatan ekonomi dan investasi yang terus meningkat. Sehingga perlu untuk disusun suatu  Sistem Pengendalian Pemanfaatan Ruang Kawasan Sarbagita.

Upaya strategis sinkronisasi  RTR dan Rencana Rinci dalam KSN Sarbagita, dicapai melalui:

  1. Sinkronisasi Rencana Struktur dan Rencana Pola Ruang dengan Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 16 Tahun 2009 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Bali Tahun 2009-2029.
  2. Sinkronisasi Perwujudan dalam Peraturan Daerah tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten dan Kota yang terdapat didalamnya

Tata Kelola

Kelembagaan dalam Pengelolaan Kepariwisataan di KSN Sarbagita, meliputi :   Kelembagaan dalam Pengelolaan Infrastruktur Strategis dan Jaringan Prasarana Utama KSN Sarbagita, meliputi :   Pemerintah Daerah :
  1. Dinas Pariwisata Provinsi Bali;
  2. Dinas Pariwisata Pemerintah Kota Denpasar;
  3. Dinas Pariwisata Pemerintah Kabupaten Badung;
  4. Dinas Pariwisata Pemerintah Kabupaten Gianyar;
  5. Dinas Pariwisata Pemerintah Kabupaten Tabanan;
 
  1. Sistem Jaringan Transportasi
  2. Sistem Jaringan Prasarana Perkotaan
 
  1. Pemerintah Provinsi Bali
  2. Pemerintah Kota Denpasar
  3. Pemerintah Kabupaten Badung
  4. Pemerintah Kabupaten Gianyar
  5. Pemerintah Kabupaten Tabanan

 

Peta RTR KSN Sarbagita

Dokumentasi

Kontak