Lingkup & Cakupan Wilayah

Peta Administrasi Mebidangro

Kawasan Perkotaan Medan, Binjai, Deli Serdang, dan Karo selanjutnya disebut Kawasan Perkotaan Mebidangro adalah satu kesatuan kawasan perkotaan yang terdiri atas Kota Medan sebagai kawasan perkotaan inti, Kawasan Perkotaan Binjai, Kawasan Perkotaan Deli Serdang, dan Kawasan Perkotaan Maros, sebagai kawasan perkotaan di sekitarnya, yang membentuk kawasan metropolitan. Kawasan Perkotaan Mebidangro mencakup 52 ( lima puluh dua) kecamatan.

Tujuan KSN Mebidangro

  1. Kawasan Perkotaan Mebidangro yang aman, nyaman, produktif, berdaya saing secara internasonal, dan berkelanjutan sebagai pusat kegiatan nasional di bagian utara Pulau Sumatera.
  2. Lingkungan perkotaan yang berkualitas dan keseimbangan tata air DAS. Pemanfaatan sumber daya alam secara berkelanjutan.
  3. Pertahanan dan keamanan negara yang dinamis serta integrasi nasional di Kawasan Perkotaan Mebidangro.

Profil KSN

Kebijakan tata ruang nasional menempatkan metropolitan mebidangro  sebaggai pusat kegiatan nasional (PKN)  sekaligus sebagai kawasan strategis nasional (KSN) dengan fokus pengembang kegiatan ekonomi. Metropolitan mebinidangro berada di wilayah sumatera utara memiliki kedudukan strategis terhadap pengembangan Segitiga Ekonomi Regional Indonesia -  Thailand – Singapura (IMG-GT). Posisinya yang strategi ini menjadi perhatian penting dalam pengembangan Metropolitan Mebidangro kedepan.

Isu Strategis

Kebijakan Tata Ruang Nasional menempatkan Metropolitan Mebidangro sebagai Pusat Kegiatan Nasional (PKN) sekaligus sebagai Kawasan Strategis Nasional (KSN) dengan fokus pengembangan kegiatan ekonomi. Metropolitan Mebidangro berada di Wilayah Sumatera Bagian Utara yang memiliki kedudukan strategis terhadap pengembangan Segitiga Ekonomi Regional Indonesia Thailand -Singapura (IMT-GT). Posisinya yang strategis ini menjadi perhatian penting dalam pengembangan Metropolitan Mebidangro ke depan. Medan-Binjai-Deli Serdang & Karo sendiri memiliki visi yang jauh ke depan (visi 2027) yaitu kota yang nyaman dihuni, memiliki fasilitas kota yang terjangkau, mendorong gairah berakitivitas sosial, ekonomi maupun kebudayaan, banyak ruang publik yang mudah dicapai dengan bersepeda atau jalan kaki dan transportasi umum yang andal.

Sarana dan Prasarana KSN

Kondisi Jaringan Prasarana Strategis KSN Mebidangro, meliputi :

  1. Sistem Jaringan Transportasi, antara lain :
  2. Sistem Jaringan Prasarana Perkotaan, antara lain :

Sistem Jaringan Transportasi meliputi:

  • Jaringan Jalan: Jalan Arteri, Jalan Kolektor Primer I, Jalan Kolektor Primer II, Jalan Arteri Sekunder dan Jalan Bebas Hambatan
  • Jaringan Prasarana Sarana Perhubungan :
  1. Prasarana Sarana Perhubungan Darat; Terminal Tipe A yaitu Terminal Medan Amplas dan Terminal Pinang Baris, Terminal Barang yaitu Terminal Barang Terpadu Deli Serdang, Terminal Barang Kawasan Industri Lamhotma dan Kawasan Industri Hamparan dan Terminal Agribisnis Medan
  2. Prasarana Sarana Perhubungan Udara; Bandar Udara Internasional Kuala Namu dan Bandar Udara Internasional Polonia.
  3. Prasarana Sarana Perhubungan Laut; Pelabuhan Utama Belawan, Pelabuhan Pantai Labu, Pelabuhan Rantau Panjang, Pelabuhan Percut dan Pelabuhan Khusus yaitu LANAL dan Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Belawan
  • Kota Belawan
  • Bandara Internasional Kualanamu

Sinkronisasi Penataan Ruang

Upaya sinkronisasi penyelenggaraan penataan ruang, di Kawasan Sarbagita memerlukan persamaan konsepsi hingga instrumen rencana dan pengendalian yang sama pada masing-masing pemerintah kabupaten dan kota, yaitu dengan disusunnya Rencana Detail Tata Ruang & Peraturan Zonasi, yang diprioritaskan dan pada Kawasan-Kawasan Strategis yang terdapat di dalam amanah RTRW Kabupaten/ Kota.

Peta RTR KSN Mebidangro

Dokumentasi

Logo

Sistem Informasi Pemanfaatan Ruang (SIFATARU) berisi informasi Pemanfaatan Tata Ruang Kawasan Strategis Nasional yang disajikan dalam data tekstual, tabular, spasial dan gambar.

Peta

1map.com

Kontak Kami

Gedung Ditjen Tata Ruang
Jl. Raden Patah I
No. 1 Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12110
Tlp / Fax: 021-7226577
Email: pk.pemanfaatan2@gmail.com