KALIMANTAN BARAT

Tujuan KSN

  1. Menegakkan kedaulatan dan menjaga Pertahanan & Keamanan Negara
  2. Pertumbuhan Ekonomi Kawasan Perbatasan yang mandiri 
  3. Fungsi Lindung sebagai paru-paru dunia dan perlindungan keanekaragaman hayati 
     

Lingkup Wilayah

Kawasan Perbatasan Negara mencakup kawasan perbatasan di darat dan di laut :

  1. Kawasan perbatasan di darat meliputi kawasan yang berada di kecamatan pada sisi dalam sepanjang batas wilayah Negara Indonesia dengan Negara Malaysia. 
  2. Kawasan perbatasan di laut meliputi kawasan sisi dalam garis batas yurisdiksi, garis Batas Laut Teritorial Indonesia dalam hal tidak ada batas yurisdiksi, dan/atau Garis Batas Klaim Maksimum  dalam hal garis batas negara belum disepakati, hingga garis pantai termasuk:  
    1. kecamatan yang memiliki garis pantai tersebut; atau 
    2. seluruh kecamatan pada gugus kepulauan, atau hingga perairan dengan jarak 24 mil dari garis pangkal.

Profil KSN

Secara keseluruhan panjang wilayah Kalimantan yang berbatasan langsung dengan Negara Bagian Serawah (Malaysia) lebih kurang 1.200 km. Dari panjang garis perbatasan tersebut 70,58% berada di Provinsi Kalimantan Barat atau sepanjang + 847.3 km dan melintasi 5 (lima) daerah kabupaten, yaitu Kabupaten Sambas, Kabupaten Bengkayang, Kabupaten Sanggau, Kabupaten Sintang dan Kabupaten Kapuas Hulu, yang meliputi 14 daerah kecamatan, seluas 1.694 km2.

Isu Strategis

The ‘Heart of Borneo Program’ adalah salah satu usaha WWF untuk membantu melestarikan 220.000 km² hutan tropis termasuk didalamnya habitat hewan dan tumbuhan yang ada di Kalimantan. Program ini didukung oleh Indonesia dan negara-negara di perbatasan, seperti Brunei Darussalam dan Malaysia.

Sarana Prasarana

Di kawasan perbatasan telah tersedia sarana transportasi darat, udara, laut dan sungai untuk mengunjungi 5 kabupaten di kawasan ini, dari dan ke ibukota kecamatan serta untuk menuju desa-desa yang berbatasan langsung dengan Serawak (Malaysia). Jalan darat yang menghubungkan wilayah-wilayah di kawasan perbatasan lebih kurang 520 km. Kondisi jalan tersebut dari + 200 km jalan tanah

Peta RTR KSN Kalimantan Barat

Dokumentasi

Kontak