Gerbangkertosusila

Gerbangkertosusila

Administratif

Kawasan Perkotaan gerbangkertosusila mencakup 7 wilayah administrasi, 6 diantaranya berada di Pulau Jawa, sedangkan satu di Pulau Madura. Cakupan Kawasan Perkotaan Gerbangkertosusia terdiri dari sebagian wilayah Kabupaten Gresik, seluruh wilayah Kabupaten Bangkalan, seluruh wilayah Kabupaten Mojokerto, seluruh wilayah Kota Mojokerto, seluruh wilayah Kota Surabaya, seluruh wilayah Kabupaten Sidoarjo, dan  seluruh wilayah Kabupaten Lamongan.

Topografi

Berdasarkan karakteristik tinggi tempat diatas permukaan laut ( dpl ) , Gerbangkertosusila  terbagi atas 3 kelompok wilayah yaitu : 0 - 500 m , (dpl ), 500 - 1. 000 m. ( dpl ), 1.000 m. (dpl).

Klimatologi

Kawasan perkotaan gerbangkertosusila dalam iklim tropis dengan temperatur rata-rata 28,5 °C dan kelembaban udara rata-rata 75%. Curah hujan relatif rendah, yaitu rata-rata 1.290,50 mm per tahun.

Geologi

Struktur Geologi Kawasan perkotaan Gerbangkertosusila di dominasi oleh Alluvium dan bentukan hasil gunung api kwarter muda, keduanya meliputi 44,5 % dari luas wilayah darat, sedangkan bantuan yang relatif juga agak luas persebarannya adalah miosen sekitar 12,33 % dan hasil gunung api kwarter tua sekitar 9,78 % dari luas total wilayah daratan. Sementara itu batuan lain hanya mempunyai proporsi antara 0 - 7% saja.

Jumlah Penduduk

Jumlah penduduk Kawasan Perkotaan Gerbangkertosusila tahun 2014 sebanyak 9.487.085 jiwa dan pada  tahun 2015 adalah 9.570.370 jiwa.

Perkembangan penduduk

Perkembangan penduduk Kawasan perkotaan Gerbangkertosusila mengalami peningkatan dari tahun 2014-2015 dengan lajuertumbuhan penduduk 4,98%.

Jalan

Jaringan jalan yang terdapat di Kawasan perkotaan Gerbangkertosusila  adalah system jaringan jalan arteri primer, system jaringan jalan kolektor primer, jalan bebas hambatan dan system lalulitas angkutan jalan terdiri dari terminal penumpang, terminal barang dan sentral parker khusus.

Angkutan darat

Angkutan darat yang terdapat di kawasan perkotaan Gerbangkertosusia diantaranya adalah sepeda motor, becak, bentor, Bus, mobil penumpang, kereta api dan angkutan kota.

Angkutan Laut

Sarana transportasi laut berupa pelabuhan Brondong dan ASDP Paciran yang berada di pinggiran jalan Pantura Brondong-Paciran. Pelabuhan Brondong ini melayani arus penumpang dan barang skala Regional.

Pendidikan

Jumlah fasilitas pendidikan tahun 2015 Kawasan perkotaan Gerbangkertosusila sekolah dasar 3.612 unit, sekolah menengah pertama 1.067 unit dan sekolah menengah atas 436 unit.

Kesehatan

Jumlah fasilitas kesehatan tahun 2013 Kawasan perkotaan Gerbangkertosusila rumah sakit sebanyak 75 unit, dan puskesmas sebanyak 151 unit.

Peribadatan

Fasilitas peribadatan yang terdapat di kawasan perkotaan Gerbangkertosusila diantaranya adalah masjid, langgar, musholla, gereja, pura dan vihara.

Listrik

Sistem pembangkit listrik kawasan Perkotaan Gerbangkertosusila  pembangkit tenaga listrik, dan jaringan transmisi tenaga listrik;

Sumber Daya Air

Pengembangan dan peningkatan sistem jaringan sumber daya air yang meliputi sungai, waduk, cat, sistem pengendalian banjir, sistem jaringan irigasi, dan sistem pengamanan pantai;

Sistem penyediaan Air Minum

SPAM ditetapkan dalam rangka menjamin kuantitas, kualitas dan kontinuitas penyediaan air minum bagi penduduk dan kegiatan ekonomi, serta meningkatkan efisiensi dan cakupan pelayanan. SPAM terdiri atas jaringan perpipaan dan bukan jaringan perpipaan

Sampah

Lokasi TPS sampah dan TPA sampah di Kawasan Perkotaan Gerbangkertosusila ditetapkan dalam rencana tata ruang wilayah kabupaten/kota. Lokasi TPST dan TPA sampah regional yang melayani Kawasan Perkotaan Gerbangkertosusila, meliputi:

  • Kabupaten Gresik yang melayani Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, dan Kabupaten Gresik; dan
  • Kabupaten Mojokerto yang melayani Kota Mojokerto dan Kabupaten Mojokerto.

Peta Rencana

Logo

Sistem Informasi Pemanfaatan Ruang (SIFATARU) berisi informasi Pemanfaatan Tata Ruang Kawasan Strategis Nasional yang disajikan dalam data tekstual, tabular, spasial dan gambar.

Peta

1map.com

Kontak Kami

Gedung Ditjen Tata Ruang
Jl. Raden Patah I
No. 1 Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12110
Tlp / Fax: 021-7226577
Email: pk.pemanfaatan2@gmail.com